Mahasiswa Kerja, Mengapa Tidak?

Mahasiswa Kerja, Mengapa Tidak?

Masa-masa mahasiswa memang identik dengan belajar. Tapi mengapa banyak mahasiswa yang justeru memilih sembari bekerja? 

Yogyakarta sebagai kota pejalar di mana bertebaran universitas dan sekolah baik swasta maupun negeri didatangi oleh putra daerah dari berbagai daerah. Mereka mengenyam pendidikan dan belajar bagaimana mendapat ilmu pengetahuan serta ijazah sebagai modal utama mereka kelak ketika bekerja di sebuah perusahaan.

Tapi Yogyakarta juga tumbuh sebagai kawasan dengan ekonomi yang sangat pesat. Utamanya di bidang pariwisata. Hotel, pusat perbelanjaan, bar, restoran, maupun warung kopi tumbuh subur sebagai penopang dinamika kehidupan masyarakat urban.

Dari sisi ini kita bisa menilik bahwa Yogya memang menyediakan lapangan pekerjaan. Khususnya bagi mahasiswa yang ingin bekerja. Banyak sekali lapangan pekerjaan yang dibuka setiap harinya. Dimulai dari pekerjaan freelance atau parttime.

Temen-temen admin ketika menjadi mahasiswa dulu juga banyak sekali yang bekerja baik sebagai penjaga warung internet, waiters restoran, waiters warung kopi, barista dan masih banyak lagi. Mahasiswa kerja, mengapa tidak? memang marak menjadi pembicaraan di kalangan mahasiswa.

Sejak era internet muncul pekerjaan bagi mahasiswa sangat banyak sekali. Misalnya saja dengan makin gencarnya ojek online banyak mahasiswa yang memutuskan untuk memanfaatkan waktu luang dengan menjadi driver ojek online. Dari pada membuang waktu mending dibuat sesuatu yang produktif.

Banyak mata pencaharian yang tersebar di kota pelajar dan tentu saja kota-kota yang lain.

Apalagi bagi mereka yang memang dari latar belakang keluarga yang kurang mampu. Pasti mereka membutuhkan tambahan uang untuk biaya kuliah atau menunjang kehidupan mereka.

Toh nilai lebih lainnya dari kerja di waktu mahasiswa juga banyak lho. Pertama, tentu akan menambah pengalaman tentang bagaimana membagi waktu dan kuliah. Menejemen waktu ini sangat penting karena mereka harus membagi sedikit waktu untuk berbagai aktivitas. Di situlah ujian dari hidup sebenarnya.

Kedua, menambah pengalaman. Ini penting sekali bagi temen-temen yang ketika sudah lulus kuliah ingin mencari kerja layak. Pasti akan ditanya “Sudah punya pengalaman kerja di mana?”.

Jadi banyak sekali lho manfaatnya.

So, menjadi mahasiswa kerja, mengapa tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *